ILMU HIDUP

Allah adalah sesuatu zat yang ibarat nilai nol. penuh kehampaan tetapi berisi. kehampaan bagi yang tidak mau berpikir.sehingga dalam al-qur'an menyebutkan tentang hal tersebut. mengingat perkembangan kondisi dunia yang semakin aneh dan penuh kehampaan. hal itu membuat manusia cenderung condong untuk jauh berpikir untuk khasanah manfaat. tetapi mereka cenderung berpikir ke khasanah dunia.

Selasa, 29 April 2008

SEMPOA

SEMPOA ALA KECERDASAN ANAK DAN BERBAKAT
(Disusun oleh: MAR ATI SHOLIKHAH)
http:// marati-mar.blogspot.com

Zaman sekarang ini kita tidak aneh mendengar kata sempoa. Benda ini terbuat dari kayu yang terdiri dari poros-poros yang berisi manik-manik yang dapat digeser-geser. Sempoa memang tidak pernah lepas dari hitungan angka-angka yang membuat pusing kepala bagi sebagian besar manusia. Sehingga diperlukan kesabaran, kecermatan dan ketekunan untuk mempelajarinya.
Sempoa mempunyai nama lain yaitu abacus (1937), bahasa latinnya abakos yang artinya tabel perhitungan. Sesuai dengan informasi sejarah, benda ini pertama dikenal di tiongkok dan zaman babilonia pada tahun 2400 SM dan 300 SM. Selain itu sempoa dikenal juga di negara jepang dengan nama sorobon, sempoa mempunyai beberapa macam bentuk diantaranya yang pertama sempoa sistem 1-4 dengan baris bagian atas terdiri dari 1 baris manik-manik dan baris bagian bawah terdiri dari 4 baris manik-manik. Kedua sempoa dengan 5 baris manik-manik pada setiap kolom dan 2 baris manik pada bagian atas. Setiap porosnya mempunyai nilai yang berbeda, ari mulai satua, puluhan ribuan dan seterusnya.
Sempoa ini melatih menghitung angka dari mulai penjumlahan, pengurangan, perkalian sampai dengan pembagian. Ada satu hal yang istimewa, sempoa merupakan pelatih daya mental aritmatika.
Mental Aritmetika merupakan suatu program untuk merangsang fungsi otak seorang anak, sehingga ia dapat menghitung cepat dan tepat bahkan dapat melebihi kecepatan kalkulator. sempoa juga sangat efektif dipelajari oleh anak umur 5-12 tahun, karena pada usia ini pola dasar berfikirnya terbentuk. Untuk mencapai hasil yang maksimal mereka haruslah melalui beberapa tingkatan yang dapat ditempuh dalam waktu ± 2 bulan. Sehingga pada akhirnya dihasilkan anak yang cerdas dan berbakat. Selain itu juga penyandang tuna netra pun sangat baik untuk mempelajari sempoa, karena untuk melatih kepekaan jari-jari mereka.
Adapun tujuan Mental Aritmetika dengan sempoa ini yaitu: (1) Mengoptimalkan fungsi otak anak, (2) Melatih daya ingat, imajinasi, kreatifitas, logika, konsentrasi, dan sistematika berfikir anak, (3) Meningkatkan kecepatan, ketepatan dan kecermatan berfikir, (4) Menumbuhkan rasa percaya diri anak. (5) Membina minat terhadap pelajaran matematika di sekolah.
Dari hal diatas dapat kita pelajari bahwa sempoa mempunyai peranan penting dalam matematika, dan ini juga merupakan salah satu bentuk solusi inovasi bagi otak agar optimum berpikir lebih cepat dan tepat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda